Yuk, Buat Rumah Lebih Cantik Dengan 8 Model Jendela Rumah Ini!

Elemen dasar dari sebuah rumah tidak bisa dipisahkan dari kehadiran pintu dan jendela rumah. Baik pintu maupun jendela rumah punya fungsi nyata yang sangat penting untuk keseharian dan kegiatan yang berlangsung di dalam rumah. Jendela rumah selalu memegang peranan penting sebagai ventilasi/ sirkulasi udara dan juga sebagai penerangan yang vital di dalam rumah.

Selain dua fungsi penting diatas, jendela rumah juga bisa sangat menentukan penampilan dan kecantikan sebuah rumah, baik dari luar maupun dalam rumah. Pengaruh jendela yang dominan ini pun menjadikannya sebagai fitur rumah yang penting dari segi fungsi maupun estetika. Jadi tidak ada salahnya jika kamu mencurahkan perhatian ekstra untuk jendela rumah. Supaya rumah kian cantik, yuk intip 8 model jendela ini bareng Kania!

1. Jendela Rumah Tipe Double Hung

Untuk mempercantik tampilan rumah, baik secara interior maupun eksterior, gunakan saja jendela rumah tipe double hung seperti inspirasi satu ini.

jendela rumah
Marvin.com
Tipe jendela rumah ini lebih sering ditemui di luar negeri, tetapi tren jendela rumah double hung juga sudah mulai sering terlihat di perumahan masyarakat Indonesia. Jendela stylish ini memiliki desain yang praktis dan dinamis.

Dengan menggabungkan dua buah kaca jendela di dalam sebuah frame, jendela rumah tipe double hung bisa digeser ke bawah atau ke atas. Selain itu, terdapat juga sekat sehingga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan energi di rumah seperti mengunci hawa panas atau dingin di dalam rumah. Walaupun modelnya cukup canggih, sebenarnya jendela rumah tipe double hung sudah eksis cukup lama dan merupakan model klasik favorit yang bisa kamu gunakan.  Jika ruang dinding tidak cukup luas, masih ada juga tipe jendela rumah single hung yang bisa kamu terapkan.

2. Jendela Jungkit Untuk Rumah Cantikmu

jendela rumah Jungkit
Hgtv.com

Jendela rumah model casement atau disebut juga jendela jungkit adalah salah satu tipe jendela rumah yang paling umum digunakan. Tidak berbeda dengan jendela kayu biasanya, jendela rumah ni bisa dijungkitkan ke depan atas dan dibuka dengan cara didorong ke luar ataupun ke samping.

Jendela rumah model jungkit sangat cocok ditempatkan di berbagai area di rumah, termasuk juga untuk tempat yang tinggi dengan model yang lebih rendah untuk kamar mandi dan toilet. Dengan terbukanya jendela rumah ini, kamu bisa menikmati sirkulasi cahaya dan udara serta penampilannya yang indah nan klasik.

3. Jendela Statis Yang Setia Menghias Rumah

jendela rumah
Hgtv.com

Berbeda dengan jendela rumah biasanya, jendela statis ini tidak memiliki bukaan sama sekali. Sesuai namanya, jendela statis lebih bersifat dekoratif dan cocok ditempatkan di sudut- sudut ruangan di ketinggian tertentu seperti inspirasi kamar mandi dengan konsep semi terbuka diatas.

Jendela rumah dengan sifat statis kerap digunakan untuk rumah dengan desain minimalis atau kontemporer serta sering digunakan sebagai salah satu solusi pencahayaan secara strategis. Yang pasti, kehadiran jendela rumah model statis ini sangat ideal untuk mempercantik penampilan rumah kamu.

4. Praktis & Tetap Cantik, Jendela Rumah Model Slide (Geser)

jendela rumah geser
Pinterest.com

Jendela rumah dengan model geser dikenal karena kepraktisan dan efisiensinya yang tidak banyak memakan ruang. Tidak heran jika banyak perumahan masyarakat Indonesia yang menjagokan tipe jendela unik yang satu ini. Jendela rumah model slide menggunakan konsep operasional pada satu sisi saja secara horizontal yang bertumpuk pada sisi lainnya. Jendela rumah ini juga cocok untuk tipe rumah dengan interior modern dan kontemporer.

5.  Jendela Lengkung Yang Klasik & Romantis

jendela rumah
pinterest.com

Bow window atau jendela rumah model lengkung punya efek indah terhadap interior rumah secara instan. Bentuk jendela rumah ini juga bisa dikondisikan supaya menonjol keluar sehingga lebih banyak ruang gerak yang tersisa di dalam rumah.Tipe gorden jendela klasik juga pas untuk desain ini.

Dari segi penampilannya, jendela rumah ini lebih cocok digunakan untuk rumah dengan tema interior klasik yang condong kepada elegan dan mewah. Ada beberapa kombinasi dari penerapan jendela rumah  model lengkung yaitu antara lain menggabungkan antara jendela statis di tengah dengan jendela model ungkit ataupun double hung. Hasilnya efektif dalam mempercantik rumah dengan jendela rumah yang lain daripada yang lain.

6. Jendela Rumah Picture, Cocok untuk Pemandangan

Punya rumah dengan landskap indah yang ingin kamu nikmati dari dalam rumah? Gunakan saja jendela rumah model picture yang berukuran besar dengan dominasi material kaca transparan.

jendela rumah
idolza.com

Berbeda dengan pintu kaca, jendela rumah model picture ini berukuran besar dan biasanya juga bersifat statis. Dengan satu buah kaca besar, tidak ada garis sambungan di bidangnya yang memang sengaja didesain untuk akses tampilan keluar rumah dengan maksimal. Sering ditampilkan di bagian belakang depan, samping atau belakang rumah, jendela rumah model picture bisa dibuat sesuai ukuran yang diingikan dan butuh dipasang oleh tenaga profesional yang menguasai bidangnya.

Jendela rumah model picture sangat cocok untuk kalian yang menyukai gaya arsitektur rumah minimalis dan modern. Dengan jendela rumah ini, tidak perlu repot lagi mempercantik rumah karena pemandangan alam sudah tersaji dengan indah setiap saat.

7. Bosan Jendela Rumah Persegi, Akali Dengan Si Bulat Cantik

jendela rumah
homedit.com

Siapa bilang jendela rumah tetap harus berbentuk persegi? Pada kenyataannya, masih banyak sekali kreasi jendela rumah berbagai bentuk dan gaya yang bisa kamu manfaatkan, contohnya jendela berbentuk bulat yang unik dan gaya.

model jendela minimalis memang bermacam macam, contoh inspirasi jendela rumah diatas juga adalah salah satu jenis jendela rumah yang boleh kamu tiru. Menggunakan bentuk yang agak bundar, tingkap jendela tetap berbentuk persegi secara strategis supaya urusan buka tutup jendela bisa berjalan dengan baik.

8. Jendela Rumah Transom di Area Pintu Yang Lucu

Walaupun terdengar asing di telinga, jendela rumah transom sebenarnya adalah salah satu elemen arsitektur jendela rumah yang cukup umum dan mudah dijumpai di rumah – rumah di seluruh kota. Umumnya jendela rumah transom sering hadir di rumah bergaya klasik ala pedesaan, tetapi juga sering didapati di rumah bergaya klasik modern.

jendela rumah
saintmariamessenger.com

Tambahan jendela rumah transom bisa mempercantik rumah kamu, biasanya, model ini lebih condong digunakan sebagai ventilasi rumah.  Bukan cuma untuk pintu depan, jendela rumah tipe transom juga bisa dihadirkan di atas jendela besar seperti inspirasi di atas. Beberapa ruangan umum seperti kamar mandi, kamar tidur, hingga dapur juga bisa disisipi dengan jendela rumah transom dengan ukuran kecil yang imut.

 

Artikel lain

Mengapa kita menggunakan UPVC dari Rumah UPVC

Rumah UPVC menjual Jendela dan kusen pintu UPVC,mengapa kita harus menggunakan UPVC dari Rumah UPVC

Perbedaan UPVC dan allumunium

Perbedaan UPVC dan allumunium,mengapa harus menggunakan UPVC

Mengapa Menggunakan UPVC

Mengapa kita menggunakan UPVC dibanding jenis jendela yang lain.